Resume MBC Day 4

MBC Day 4 ini diadakan pada Selasa, 12 Juli 2011 bertepatan dengan kelas SP Kalkulus saya. Oleh karena itu, saya tidak mengikuti kegiatan MBC dari awal. Saya kembali bergabung dengan teman-teman untuk mengikuti MBC saat sesi tanya jawab mengenai Palapa di ruang 7602.
Sebelumnya, berdasarkan yang disampaikan oleh teman saya, acara yang saya tinggalkan adalah penyampaian materi dari seniro/bandito dari Palapa. Pada matrikulasi ini, disampaikan bahwa palapa adalah salah satu bentuk pengabdian masyarakat mahasiswa yang tergabung dalam HME ITB dimana bentuk pengabdiannya adalah pembuatan pembangkit listrik tenaga pikohidro di desa-desa terpencil. Terdapat tiga bagian utama yang menunjang keberlangsungan Palapa ini, yakni civil work, mechanical work, dan electrical work. Civil work menyangkut pekerjaan dalam mempersiapkan ‘tkp’ sendiri, seperti kegiatan membersihkan sungai dari sampah, pembuatan saringan serta pembuatan pintu air. Mechanical work menyangkut pekerjaan pembuatan turbin dsb. Sedangkan electrical work menyangkut pekerjaan penyediaan generator serta komponen pendukungnya. Esensi yang sekiranya diperoleh dari kegiatan matrikulasi mengenai palapa ini yakni bentuk-bentuk pengabdian masyarakat yang telah dilakukan oleh HME ITB.
Setelah selesai matrikulasi dari pihak Palapa, kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian materi dari seniro2 dari divisi elektron, yang khususnya mengenai teknis pembuatan light saber (untuk keperluan arakan wisudaan). Di sini kami diajari cara dan teknis pembuatan light saber tersebut serta kami juga diberitahu komponen2 yang akan kami butuhkan dalam pengerjaan light saber tsb. Setelah selesai diberi materi, kami kemudian diberikan tugas angkatan untuk membuat light saber dengan kreasi kami sendiri dengan jumlah minimal 50 buah.
Esensi yang didapat adalah kita dapat memanfaatkan dan menerapkan ilmu yang sudah kita dapat, khususnya di matkul DRE.
Selanjutnya, setelah matrikulasi light saber, kami kemudian kembali dimobilisasi ke basement labtek 7 untuk kemudian ishoma.
Setelah ishoma, acara kemudian dilanjutkan dengan mempelajari lagi lagu-lagu ‘kebangsaan’ HME ITB. Kali ini kita mendapat 2 lagu tambahan yaitu, “Percayalah HME” dan “Petir Ganesha”. Esensi dari kegiatan ini adalah agar kita dapat lebih lagi menumbuhkan sense of belonging terhadap HME.
Selanjutnya kami kembali dibariskan untuk kemudian barisan tsb dibagi 2 dan barisan yang satunya dimobilisasi ke basement labtek 8 untuk kemudian kedua barisan tersebut diajari (kembali) mengenai peraturan baris-berbaris. Tambahan materi yang diperoleh adalah adanya perintah seri berantai dari pemimpin barisan serta perhitungan saat bergerak. Contoh : Jika komandan barisan mengatakan ” 2 Langkah samping kiri..Jalan” maka kita harus bergerak sambil mengatakan “Satu.. Dua..HME”. Esensi yang saya dapat dari kegiatan ini adalah belajar untuk lebih disiplin dan tertib dan juga untuk lebih tanggap dan sigap.
Setelah PBB selesai, seperti biasa MBC kali ini juga ditutup dengan apel penutup dan kemudian kami dimobilisasi untuk senam.
Oh ya, sebelum apel penutup kami disampaikan mengenai tugas-tugas yang harus dikerjakan baik itu individu maupun seangkatan, yakni resume hari ini, foto berlima, kostum buat arakan wisuda, minimal 50 buah ligh saber, serta senam angkatan yang harus sudah dihafalkan oleh semua anggota CaHME 2010.

Leave a comment