Resume MBC Day 10

MBC Day 10 ini diadakan pada hari Kamis, 28 Juli 2011. Seperti biasa, MBC day 10 ini diawali dengan cek spek dan pendataan peserta kemudian dilanjutkan dengan apel pembukaan. Pada apel pembukaan kali ini, sang pembina apel menyampaikan kalau pada MBC kali ini kami akan menerima materi keprofesian yakni dari divisi elektron dan divisi komputer dan pada hari ini juga kami akan mempelajari diskusi a la HME. Pembina juga berpesan agar kami tetap semangat saat mengikuti MBC kali ini. Esensi dari apel pembukaan adalah agar kami dapat lebih tertib dan disiplin lagi begitu juga agar kami selalu sigap.
Setelah apel pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemberian materi keprofesian dari divisi Elektron, namun sebelumnya kami harus dimobilisasi dulu ke GKU Timur tepatnya ruangan 9231 karena pemberian materi diadakan di sana. Pemberian materi diberikan oleh Bandito Lestian dan Bandito Panji Bagus dengan moderator acaranya Senorita Nisa Sabrina. Pada kesempatan kali ini, kami mendapatkan materi mengenai Scientific paper. Di sini disampaikan tips-tips menulis paper, dimana kita harus memperhatikan tujuan, ke siapa kita akan memberikan paper tersebut, selalu menjaga untuk menggunakan bahasa yang sederhana, selalu memastikan kebenaran grammar. Kita juga diberitahu mengenai struktur paper yakni terdiri atas introduction, result and discussion, kesimpulan, references, serta judul dan abstrak. Pada sesi materi yang sama kami juga diberikan penjelasan mengenai penulisan laporan praktikum. Di sini, kami disampaikan mengenai struktur2 laporan yang baik, yang terdiri atas abstrak, pendahuluan, dasar teori, metodologi, hasil analisis, kesimpulan serta daftar pustaka. Setelah materi dari divisi elektron, selanjutnya ada materi yang disampaikan oleh seniro-seniro dari divisi komputer.
Pemateri dari divisi komputer yakni Seniro Rizal, Seniro Kevin, dan Seniro Nanu. Pada materi dari divkom kali ini dibahas mengenai pengenalan dasar jaringan komputer juga mengenai struktur internet di ITB. Pada sesi ini dijelaskan mengenai bentuk-bentuk jaringan berdasarkan ruang lingkupnya, ada LAN, WAN, MAN, serta WWW, berdasarkan fungsinya ada client/server, peer to peer serta hybrid. Juga dijelaskan mengenai networking hardware serta OSI model yang terdiri atas 7 layer, yakni physical layer, datalink layer, network layer, transport layer, session layer, presentation layer, serta application layer, sedangkan di sesi penjelasan mengenai struktur internet di ITB dijelaskan mengenai IPv4 dan IPv6 serta sejarah perkembangan jaringan internet di ITB. Kami mendapatkan tugas lagi dari divisi komputer yakni kami diminta untuk mencari pengertian masing2 dari setiap layer di OSI model serta kami disuruh juga untuk menonton video dan menuliskan resume untuk video tsb. Esensi yang kami dapat dari pemberian materi keprofesian ini baik dari divisi elektron dan divisi komputer adalah untuk lebih mempersiapkan kami dalam menghadapi perkuliahan saat sudah di jurusan nanti dan juga untuk lebih menambah wawasan kami mengenai keprofesian itu sendiri.
Selanjutnya, kami dimobilisasi kembali ke basement labtek 7 untuk kemudian dijelaskan mengenai simulasi sidang MUN Model United Nation. Di sini kami disuruh untuk membahas mengenai isu kaderisasi. Persiapan-persiapan yang akan dilakukan untuk melakukan simulasi sidang MUN ini yakni interview ke himpunan jurusan lainserta simulasi sidang itu sendiri. Dalam interview, materi yang akan kami tanyakan adalah seputar abstraksi kaderisasi, metode danlap, agitasi, pengaturan prioritas KM dan himpunan, osjur wajib atau tidaknya, berkurangnya jumlah peserta di setiap kaderisasi, serta pengaruh birokrasi terhadap sistem pengkaderan itu sendiri. Kami juga disuruh untuk membuat kertas posisi  dimana kertas posisi tersebut terdiri atas dua paragraf, paragraf pertama berisi pandangan himpunan yang kita interview mengenai kaderisasi itu sendiri dan paragraf dua berisi solusi yang kita tawarkan ke masalah-masalah yang ada. Di sidang itu sendiri nantinya akan ada pembahasan mosi, pembahasan draft resolusi, serta untuk membahas bagaimana kaderisasi yang disetujui semua pihak. Esensi dari kegiatan ini adalah agar kami dapat mengerti mengenai salah satu permasalahan yang ada di ITB serta agar kami dapat memberikan solusi yang solutif terhadap permasalahan tersebut.
Kegiatan dilanjutkan dengan ishoma dan kemudian forum.  Di forum kami membahas mengenai kekurangan-kekurangan kami di MBC secara umumnya dan di MBC Day 10 secara khususnya. Karena di tengah-tengah forum saya terpaksa haruskeluar karena kondisi tubuh saya yang kurang fit, maka berdasarkan apa yang saya dapat dari teman saya mereka mengatakan bahwa di akhir forum diumumkan 10 orang yang paling berkomitmen di angkatan kami lalu kami diminta untuk memilih 4 PJ untuk tugas, kuorum, dan absen. Kami diminta untuk bermusyawarah selama 5 menit dan akhirnya kami memilih Deni sebagai PJ absen, Tio sebagai PJ kuorum dan Edwin-Donny sebagai PJ tugas. Saat seniro-senorita kembali ke basement labtek 7, mereka menyatakan bahwa konsekuensi jika tugas kami tidak terpenuhi maka keempat teman kami tersebut akan dicoret. Esensi dari kegiatan ini adalah agar kami semakin kompak dan saling peduli terhadap satu angkatan.
Acara MBC diakhiri dengan apel penutupan.
Sekian MBC kali ini.


” Cintaku untuk MBC HME ITB 2011 ”

Leave a comment