Resume MBC Day 13

Seperti MBC biasanya, MBC Day 13 ini juga diawali dengan apel pembukaan dan cek spek. Pada saat apel, pembina apel mengatakan bahwa kami akan menerima materi tentang KM ITB, keprofesian, dan cara untuk melakukan forum diskusi di skala yang lebih besar. Setelah itu, kami kemudian dimobilisasi ke GKU Timur 9231 untuk menerima materi tentang KM ITB yang langsung disajikan oleh Presiden KM ITB sendiri, yakni kak Tizar Bijaksana PL ’07. Beberapa hal yang disampaikan oleh kak Tizar adalah sejarah KM ITB. Beberapa sejarah yang disinggung antara lain tentang awal dari KM ITB yaitu DEMA ITB,terjadinya NKK/BKK, terbentuknya FKHJ sampai kembali terbentuknya kembali KM ITB hingga kini. Kak Tizar  juga menjelaskan mengenai landasan gerak formal KM ITB yang meliputi konsepsi kemahasiswaan ITB, AD/ART KM ITB serta Rancangan Umum Kaderisasi (RUK). Setelah presentasi diadakan sesi tanya jawab. Esensi dari kegiatan ini adalah agar kami, sebagai anggota dari KM ITB sendiri, mengerti tentang KM sehingga dapat mengetahui apa yang dapat kami lakukan untuk  lebih memajukan dan memdayagunakan KM ITB.
Selanjutnya beberapa dari kami dimobilisasi ke 9232 sehingga pemberian materi dapat berjalan dengan lebih efisien. Pada dasarnya peserta di setiap ruangan akan mendapatkan materi keprofesian baik itu dari divisi Elektron maupun divisi Komputer. Divisi elektron sendiri memberikan materi tentang kiat-kiat membuat layout. Layout adalah tata letak elemen desain pada suatu bidang yang mendukung konsep/pesan yang ingin disampaikan. Di sini diberikan materi tentang berbagai hal mengenai layout. Misalnya bagaimana karakteristik layout majalah yang baik, tahapan pembuatan layout, tipografi sampai prinsip layout yang mencakup sequence (urutan perhatian), emphasis (penekanan tertentu), balance (keseimbangan) dan unity (kesatuan yang diciptakan). Kemudian kami diberi tugas untuk membuat majalah bertemakan hal ilmiah bebas. Selanjutnya materi dari divisi Komputer, yakni mengenai hal-hal yang berbau Android gitu. Kami diajarkan untuk dapat membuat program sederhana yang dapat dijalankan pada sistem operasi Android. Selain itu juga diberikan tugas untuk membuat program sederhana yang lainnya. Esensi dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan wawasan dan melatih skill keprofesian kami.
Kegiatan selanjutnya adalah simulasi sidang Model United Nation (MUN). Sidang MUN merupakan salah satu permodelan sidang yang dilakukan oleh PBB untuk mengambil sebuah keputusan solusi dari sebuah masalah. Seperti apa yang sudah dijelaskan di MBC day 10, dalam sidang ini kami mengangkat topik kaderisasi memerankan topik ini dari sudut pandang Himpunan yang kami wawancara. Kami dibagi menjadi dua kelompok besar sesuai dengan kelompok pairing dan ditempatkan dalam 2 ruang. Esensi dari kegiatan ini adalah agar kami dapat mengetahui cara menyampaikan pendapat di forum-forum resmi serta melatih bagaimana menempatkan diri di posisi orang lain serta agar kami mampu untuk mengambil keputusan yang baik. Setelah kegiatan sidang MUN selesai, peserta kembali ke basement Labtek 8 untuk melakukan apel penutupan MBC hari ke-13 untuk selanjutnya menyiapkan acara Makrab untuk PROTON 2010.

Leave a comment