Resume MBC Day 12

MBC Day 12 ini diadakan pada hari Sabtu, 13 Agustus 2011. Seharusnya MBC kali ini dimulai pada pukul 08.00, namun kami diberi kesempatan 1 jam untuk mengumpulkan teman2 peserta MBC dan juga untuk mengambil nim tag yang tertinggal.

Seperti kegiatan MBC pada umumnya, kali ini MBC diawali dengan apel pembukaan. Pembina memberi amanat dimana beliau mengatakan bahwa yang membuat manusia lebih istimewa dari makhluk ciptaan yang lain adalah karena manusia memiliki akal. Pembina apel juga menyampaikan bahwa pada hari ini kami akan menerima materi seputar keprofesian yakni dari divisi workshop , mengikuti kunjungan lab, serta menerima materi seputar pengabdian masyarakat, yakni dari Palapa Teknis.

Setelah apel pembukaan, acara dilanjutkan dengan absen, cek spek dan kemudian mobilisasi ke 7601. Di 7601 kami menerima materi dari seniro-seniro dari divisi workshop. Kali ini kami menerima materi mengenai ic dan juga dijelaskan mengenai  gerbang logika, counter, serta decoder. Dijelaskan bahwa gerbang logika  adalah suatu implementasi boolean. Contoh beberapa IC gerbang logika adalah : 7408 (quad 2-input AND gate), 7400 (quad 2-input NAND gate), 7432 (quad 2-input OR gate), 7402 (quad 2-input NOR gate), 7480 (quad 2-input NOR gate), dan 7404 (quad 2-input NOT gate). Counter mencacah bilangan berdasarkan sinyal dan mengeluarkan hasil bila diminta dan mengeluarkan hasil bila diminta. Contoh dari IC Counter 74161 (four bit synchronous binary counter), 7490 (4-bit 0-9 rippple counter), dan 493 (4-bit 0-15 ripple counter). pada akhir penjelasan kami diberi tugas yaitu membuat alat yang menggunakan komponen IC yang pernah diajarkan sebelumnya, tidak menggunakan mikrokontroller, dan harus menggunakan PCB. Esensi dari kegiatan ini adalah agar kami lebih memahami lagi mengenai materi yang berhubungan dengan salah satu keprofesian di Elektroteknik.  Setelah materi dari workshop, kami kemudian menerima materi dari seniro dan senorita yang tergabung dalam Palapa Teknis. Poin-poin utama yang akan dijelaskan pada diklat palapa kali ini adalah sistem distribusi dan proteksi elektrik, desain instalasi sistem distribusi, dan pemilihan komponen berdasarkan standar yang ada. Esensi dari kegiatan ini adalah agar kami lebih memahami dan mengerti lagi mengenai seluk-beluk salah satu bentuk pengmas HME. Setelah itu, kami kembali dimobilisasi ke selasar basement labtek 8 untuk kemudian diberikan waktu untuk ishoma dan kembali lagi ke labtek 8 pada pukul 12.30.

Setelah ishoma, acara dilanjutkan dengan kunjungan lab, dimana sebelumnya kami dipecah jadi bebrapa rombongan. Rombongan saya adalah rombongan yang terakhir dan lab yang pertama kali kami kunjungi adalah lab-lab yang berhubungan dengan pertelekomunikasian yang terletak di Labtek 8 lt. 4. Slanjutnya kami ke lab yang ada di gedung PLN, lalu ke lab IC design di PAU lt. 4 lalu melanjutkan perjalanan ke lab radar yang terletak di belakang GKU barat, kemudian ke lab konversi lalu ke lab ic yang berada di lt.3 labtek 8. Esensi dari kegiatan ini adalah agar kami lebih mengenal kondisi lab-lab yang akan kami masuki ke depannya.

Setelah kunjungan lab, kami kembali dimobilisasi ke selasar basement labtek 7 untuk kemudian penyampaian tugas serta apel penutup.
Sekian MBC kali ini.

” Cintaku untuk MBC 2011″

Leave a comment