Resume MBC Day 0

Matrikulasi pada MBC day 0 memiliki nilai untuk membagun rasa sense of belonging para calon HME kepada HME itu sendiri.
Pada MBC day 0 ini para mahasiswa mahasiswi calon HME dikenalkan mulai dari visi HME sendiri, struktur BP di HME, Majelis Permusyawaratan Anggota HME ITB, serta divisi-divisi yang ada di HME tersebut.

Resume:
Pada MBC day 0 ini, tepatnya hari Senin, 4 Juli 2011, sebelum kami satu angkatan bertemu dengan seniro dan seniorita di basement labtek 7 & 8 terlebih dahulu kami berkumpul bersama teman-teman satu angkatan lainnya untuk mengabsen dan mengecek kehadiran setiap calon anggota. Setelah itu lebih kurang pukul 7.45 kami mulai bergerak ke basement labtek 7 & 8 untuk kemudian bersiap-siap untuk mengikuti MBC hari pertama kami. Sesampainya di basement labtek 8 kami langsun dimobilisasi ke basement labtek 7 untuk kemudian berbaris dengan posisi bonita di sebelah kiri seniro yang mengambil alih barisan. Setelah itu seniro yang kala itu memimpin meminta beberapa orang untuk menginterupsi dan orang yang menginterupsi tersebut antara lain Chandra dan Ajeng. Chandra adalah pengiterupsi pertama dimana kemudian seniro memintanya untuk menyebutkan jumlah kami – juniro dan bonita – yang hadir pada saat itu dan untuk seterusnya juniro Chandra dipanggil dengan sebutan ‘ Casio ‘ yakni sebutan untuk PJ Jumlah Kehadiran. Penginterupsi kedua adalah bonita Ajeng yang kemudian ditanyakan mengenai jam tibanya angkatan kami di lokasi dan untuk seterusnya bonita Ajeng menjadi PJ Waktu atau yang disebut sebagai ‘ Seiko ‘.
Setelah itu Seniro memerintahkan Seniro dan Seniorita Tim Pengabsen untuk mengabsen kami. Setelah selesai diabsen beberapa orang dari kami, termasuk saya, izin untuk meninggalkan lokasi dikarenakan kami harus mengikuti SP Statur dan Kalkulus.
Setelah selesai kelas SP yang saya ikuti, saya dan teman saya Yoga dan Reynaldi kembali ke lokasi untuk kemudian kembali mengikuti rangkaian kegiatan MBC pada hari itu. Kami melapor ke salah satu seniro yang kami temui saat itu dan kami langsung diarahkan untuk bergabung dengan beberapa teman lain di pos bendahara umum. Setelah bertanya kepada teman yang sudah ada di kelompok tersebut pos Bendahara Umum ini merupakan pos ke-4 yang dikunjungi. Di pos Bendum (pos IV) ini kami bertemu dengan Seniro dan Seniorita yang merupakan anggota BP Bendum tsb. Seniro dan Seniorita tersebut menjelaskan rupa-rupa kegiatan dari BP Bendum itu sendiri. Oh ya, di sini para juniro dan bonita dikasih snack loh. Bendum ini berperan penting dalam mengatur segala hal yang berhubungan dengan keuangan di HME tersebut. Bendum tersebut mengadakan danus-danus untuk memperoleh dana yang kemudian dimasukkan ke dalam kas bendahara HME ITB. Di dalam bendum itu sendiri terdapat 2 departemen yakni departemen kebendaharaan yang mengurus keluar masuknya dana dan mengontrol kesesuaian pengeluaran dengan rencana anggaran  serta departemen pengembangan bisnis yang merupakan departemen yang mengurus setiap kegiatan penggalangan dana untuk HME.

Selanjutnya di pos 5 kami bertemu dengan para Seniro dari BP Keprofesian. Di pos ini para Seniro tersebut tentunya juga menjelaskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di BP Keprofesian tersebut yakni segala sesuatu hal yang berhubungan dengan hal keprofesian di HME ITB seperti pelatihan-pelatihan, serta mengadakan dokumentasi karya yang baik dan terstruktur. Pada pos ini juga seniro tersebut menunjukkan beberapa hasil karya dari anggota BP Keprofesian tersebut.

Selanjutnya di pos 6 ada BP Internal, di sini kami diberi penjelasan mengenai proker-proker dan kegiatan-kegiatan yang ada di BP Internal itu sendiri, salah satu di antaranya adalah program hari kartinian. Kegiatan lainnya adalah memberikan fasilitas peningkatan akademik bagi para anggota HME melalui pemberian tuoria-turorial, penyediaan bundel-bundel soal serta membantu dalam advokasi DO.  BP internal juga bersedia membantu setiap anggotanya yang ingin mengetahui setiap informasi mengenai beasiswa.

Selanjutanya di pos 7 adalah BP PengMas atau Pengabdian Masyarakat. Di pos ini para seniro dan seniorita menjelaskan khususnya mengenai proyek PALAPA HME, pada saat itu juga salah satu video dokumentasi PALAPA diputar.

Selanjutnya di pos 8 dan juga pos terakhir ada BP Eksternal, di sini para Seniro yang memberikan materi sangatlah menyenangkan dan sangat menghibur. Salah satu pernyataan yang saya ingat dari salah satu seniro yakni ” suka dan suka di BP Eksternal”. BP Eksternal sendiri bertugas untuk menjaga hubungan baik HME ITB dengan Himpunan, Unit maupun Institusi lain. BP Eksternal juga bertugas untuk mengadakan studi banding baik itu ke himpunan maupun ke institusi lain dengan tujuan untuk semakin mengembangkan HME ITB itu sendiri.

Setelah dari pos terakhir, para juniro dan bonita diberikan waktu untuk istirahat, sholat dan makan (ishoma).
Setelah ishoma, kami kembali dimobilisasi untuk mengikuti perkenalan ke divisi-divisi di HME ITB. Divisi yang pertama sekali kelompok saya temui adalah divisi Workshop. Di sini para seniro yang tergabung dalam anggota divisi workshop menjelaskan seputar kegiatan yang dilakukan di divisi tersebut serta sistematika ‘oprec’ anggotanya. Di pos ini juga para senironya menunjukkan beberapa contoh/hasil karya mereka. Selanjutnya adalah penjelasan mengenai palapa teknik. Di sana kita bertemu dengan 2 orang bandito. Kedua bandito tersebut menjelaskan asal usul dibuatnya palapa serta perkembangan palapa berikutnya. Setelah dari palapa teknis kami lanjut ke divis Elektron yakni divisi yang bertugas untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan yang ada di HME. Setelah dari divisi Elektron kami lanjut ke divisi Komputer dimana divisi tersebut terdiri ata 3 sub-divisi yaitu Web, Networking dan Programming.

Setelah kami melalui semua pos-pos divisi serta pos palapa teknis kami kembali dikumpulkan di basement labtek 7 untuk kemudian menerima materi mengenai MPA. Saat itu dijelaskan bahwa MPA merupakan majelis tertinggi yang melaksanakan kedaulatan anggota HME. MPA memiliki wewenang untuk mengangkat atau bahkan memberhentikan anggota. MPA juga mengontrol keberjalanan fungsi setiap Badan Pengurus di HME. Orang-orang yang menjabat MPA sendiri adalah orang-orang yang dipilih oleh anggota sendiri (maksimal 5 per angkatan dari 3 angkatan termuda) dan memiliki masa jabatan 1 tahun. MPA sendiri bertanggung jawab kepada setiap anggota. Saat itu juga kami dijelaskan mengenai anggota muda, anggota biasa, anggota luar biasa, dan anggota kehormatan. Anggota muda adalah mahasiswa Strata Satu (S-1) Departemen Teknik Elektro ITB yang akan melewati mekanisme penerimaan anggota yang diselenggarakan oleh HME ITB. Anggota biasa adalah mahasiswa Strata Satu (S-1) Departemen Teknik Elektro ITB yang telah melewati mekanisme penerimaan anggota yang diselenggarakan oleh HME ITB. Anggota luar biasa adalah seluruh alumni Departemen Teknik Elektro ITB yang pernah menjadi anggota biasa HME ITB. Sedangkan anggota kehormatan adalah anggota yg bkn mahasiswa Strata Satu (S-1) Departemen Teknik Elektro ITB yang diangkat oleh MPA berdasarkan jasa-jasanya kepada HME ITB). Saat pemberian materi MPA selesai kami diberikan kertas selebaran yang berisi pernyataan kami untuk bersedia atau tidak bersedia menjadi anggota muda HME ITB.
Setelah itu kami kembali diberikan waktu untuk ishoma.

Setelah ishoma selesai kami satu angkatan berkumpul di lapangan parkir GKU Timur untuk membicarakan beberapa hal. Setelah itu kami kemudian dimobilisasi kembali ke basement labtek 7. Saat sedang dimobilisasi kita dapat mendengar suara tabuhan drum yang menderu serta suara para seniro dan seniorita yang meneriakkan E.l..Elektroo.. dan kita dapat melihat bendera HME yang besar tergantung di tangga bagian Utara basement labtek 7. Setelah itu Ketua HME dan Ketua MBC keluar dan mulai memberikan orasi yang menyatakan resmi membuka MBC 2011 yang disusul dengan ditariknya bendera HME tadi. Ternyata di balik bendera tadi terdapat huruf-huruf yang tersusun menjadi ‘ MASA BINA CINTA’. Seraya diangkatnya bendera tersebut Ketua HME, Ketua MBC serta seniro dan seniorita serempak meneriakkan yel-yel dan mars HME ITB yang sangat membuat bersemangat siapa saja yang mendengarnya.
Setelah itu Pak Tri Desmana selaku salah satu dosen Elektroteknik memberikan motivasi kepada Ca-HME 2011 untuk tetap bersemangat menjalani Masa Bina Cinta ini.
Setelah itu kami kembali dibariskan dengan tertib kemudian 2 orang yang juga menginterupsi dipilih menjadi PJ Kepulangan atau disebut ‘ Vario ‘ yakni Samuel dan Andre. Setelah itu kami dimobilisasi ke parkiran labtek 8 sementara 1 orang yakni Nydhia serta Ketua Angkatan Zaki tetap tinggal di basement labtek 7. Belakangan diketahui bahwa Nydhia akhirnya menjadi bendahara angkatan dan bertugas untuk mengumpulkan iuran wajib serta biaya buku HME for Dummies. Hari itu MBC cukup sampai di situ dan keesokan harinya MBC akan berlanjut lagi.

Esensi MBC day 0 adalah kita dapat lebih mengenal lagi HME ITB melalui struktur-struktur keorganisasiannya serta kita dapat lebih lagi memiliki rasa mencintai terhadap HME.

Leave a comment